Saturday, May 23, 2009

Blogku Masuk Kotak Pasir Google

Kotak Pasir GoogleGoogle memasukkan blog ini ke kotak pasir. Aku baru tahu dua hari lalu ketika iseng memasukkan kata kunci judul posting terbaruku di kotak pencarian. Blogku memang ditemuakan. Tapi ia tidak diindeks sesuai judul posting yang aku ketikkan, melainkan halaman utama/home blogku saja.

Inilah yang membuat aku tahu bahwa blogku sebenarnya sedang dimasukkan ke kotak pasir beberapa hari belakangan. Kotak pasir adalah istilah penahanan google. Artinya jika google telah memasukkan sebuah blog ke kotak pasir, maka posting di blog tersebut (yakni artikel dari mulai blog itu dijebloskan) tidak akan masuk di Halaman Hasil Mesin Pencari (HHMP). Yang tampil hanya halaman utama saja.

Kotak Pasir sering diberikan terutama kepada blog baru guna penyaringan. Google menyisir blog baru, yang trafficnya melejit, untuk memastikan apakah ia melakukan praktek GO (Google Optimization) gelap, sebuah teknik optimasi google secara ilegal, atau sering disebut Black Hat SEO.

Sebelumnya, blog aku yang bahasa Indonesia ini juga pernah masuk ke kotak pasir. Tapi ia hanya beberapa minggu. Blogku yang bahasa Inggris justru tidak mengalami penjeblosan oleh google. Mungkin karena ia lama. Blog Bahasa Inggrisku dibuat awal tahun 2008 tapi ia tidak mendapat pengelolaan yang maksimal. Aku mengabaikannya. Baru pada awal 2009, aku kembali aktif mengurus blog tersebut dengan mengkhususkannya untuk bahasa Inggris. Sementara blog ini untuk Bahasa Indonesia.

Bila ada blog teman-teman yang sepertinya masuk kotak pasir, jangan panik karena ada solusinya. Namun sayangnya solusi tersebut tidak menyenangkan. Yang dapat kita lakukan jika sedang masuk kotak pasir adalah hanya menunggu sampai kita terbebas. Dan sambil menunggu, teruslah mengupdate blog kita karena jika ia didiamkan maka ini akan memperlama penahanan di kotak pasir.

--David July
Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

8 comments:

beat2ws said...

Betul. Menunggu adalah jalan keluar, tapi bukan jalan satu2nya.

Kita harus cari tau kesalahan apa yg kita perbuat, lalu buang kesalahan itu dari blog kita.

David (July) Khoirul said...

Itu juga ada betulnya bro. Bulan lalu aku masuk kotak pasir dan usut punya usut penyebabnya adalah karena aku melakukan petak umpet kata kunci. Maka aku hapus itu. Dan blogku pun kembali terbebas dari kotak pasir dn diindeks kembali. Mari kita share bro bila ada solusi.

Chuanx said...

Wew bro, jangan nakut2in nih, lagi ga mudeng2 malah ada ginian. tapi jadi ati2, thanks, ulasan yang mangtab

learnsimply said...

Jadi kuncinya update terus blog kita gitu ya Bro :)

Kotak Pasir said...

Blog saya juga kelihatannya bernasib sama, alasannya cukup masuk akal karena memang blog traffic 3 bulan terakhir sangat baik hal ini dibuktikan baik dalam alexa rank atau dalam analytics. Thanks ya solusinya, dan itupun sekarang yang sedang saya lakukan, yaitu tetap update supaya mempercepat masa tahanan dari sandbox.

EDRYC'™ said...

Lam knal plend...

sotar sadewa said...

ciri2 nya apa ya ? saya masih bingung

Jual Susu Kambing Higoat said...

trims infonya yach...

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook