Tuesday, May 19, 2009

Jika Aurora Berwarna Tiga

Arul Chandrana, seorang teman penulis, merevisi kembali cerpen Jika Aurora Berwarna Tiga. Ini menjadi tulisan dia kesekian kali yang berdasar pada kisah dirinya sendiri ketika menjalani masa awal kuliah di Universitas Ronggolawe (dahulu IKIP), sebuah perguruan tinggi di Tuban, Jawa Timur. Karena merupakan pengalaman nyata, wajar bila tulisan cerita ini terasa berjalan sangat alami. Tentu saja ini setelah melalui beberapa penambahan.Arul, seperti saya ketahui, adalah seorang penulis yang suka mendramatisir, seringkali menambah kejadian yang biasa menjadi begitu heboh.

Cerita Jika Aurora Berwarna Tiga bermulai dengan kejadian telepon di malam bulan Juni 2005. Berikut kutipan dari cerita tersebut:

Ya, tentu saja, aku belum pernah seumur hidupku membayangkan ini, membayangkan menjadi mahasiswa di kampus ini. Bahkan sebelum ini, aku tidak pernah tahu kalau ada kampus beginian di dunia ini. Aku sungguh tidak pernah tahu sebelumnya. Saat itu, aku masih di Bawean dan baru saja lulus dari bangku MA (Madrasah ‘Aliyah), tak beda dengan teman-temanku yang lain, aku adalah lulusan yang bingung mau kemana. Bayangkan, lulus ‘Aliyah hanya untuk bingung mau kemana! Tapi, setelah melakukan pertimbangan yang dalam dan memakan biaya serta waktu dan beberapa kali istikhoroh yang tak terlaksana, akupun berkeputusan untuk meneruskan studiku ke BEC, tempat kursus Bhs. Inggris di Pare yang fenomenal itu dan hampir semua orang tahu. Kak Erna, tetanggaku yang sudah sedang belajar di sana, membantuku mendaftarkan diri menjadi bagian dari kursusan prestisius tersebut dan mencarikan tempat kos jika nanti aku sudah di Pare. Sungguh suatu perencanaan yang sistematis dan matang. Taktis!

Arul chandrana sedang menyelesaikan novel pertamanaya Ray dan Keluarga Toe Melawan Tiger. Tulisan-tulisannya digudangkan di blog Arul Chandrana


Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

0 comments:

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook