Wednesday, May 6, 2009

Mari Menulis dengan Kalimat Pendek

Saya menyukai kalimat pendek. Ia bertenaga. Kalimat pendek lebih terasa kuat. Itulah mengapa kebanyakan dari posting saya di blog ini menggunakan kalimat pendek, kalimat yang tak lebih dari 25 kata. Sebaliknya, kalimat panjang cenderung membingungkan.

Banyak blogger menulis dengan kalimat panjang-panjang. Ini dia maksudkan agar tulisannya terkesan professional, tampak lebih keren dan impresive. Mereka tidak tahu tulisan panjang itu buruk. Coba rasakan bagaimana kalimat ini saya bentuk dengan susunan yang sangat panjang dan mungkin sedikit membingungkan bagi anda sehingga ini membuat anda merasa sangat tegang ketika membacanya karena rangkaian idenya tidak hanya menjadikan anda kehilangan akar gagasan tapi juga mengurangi pemahaman dan fokus anda terhadap inti dari kalimat itu dan seringkali bila menghadapi hal seperti ini anda akan menjadi bosan dan segera berhenti membacanya.

Sekarang bandingkan dengan kalimat pendek. Ia lebih jelas. Gagasan anda lebih tersampai dengan baik dan kuat. Ia juga memberi ritma, membuat tulisan anda mengalir dan natural. Anda terdengar seperti berbicara.

Tips: Lihat tulisan anda. Temukan kembali berapa panjang anda telah menulis kalimat-kalimatnya? Panjang; potong! Lalu bagi menjadi dua. Inilah teori pemendekan kalimat yang anda dapat lakukan.

Selamat menulis dengan bertenaga!

--David July


Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

0 comments:

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook