Thursday, June 4, 2009

Bisa-bisa Dituduh Pencemaran Nama Baik

Minggu belakangan, Prita Mulyasari menjadi pemberitaan di banyak media cetak dan elektronik. Ia adalah tahanan kepolisian Tangerang. Prita dituduh melakukan pencemaran nama baik terhadap OMNI, sebuah rumah sakit International dimana ia pernah menjalani pengobatan.

Prita mengeluhkan pelayanan rumah sakit, yang menurutnya sangat buruk, melalui surat elektronik di internet. Atas perbuatan ini, ia mendapat jeratan hukum.

Yang jadi masalah dalam kasus ini adalah apakah kebebasan berkomunikasi dan berekspresi semakin terbatas. Bila memang demikian, blogger patut waspada. Sedikit saja salah tulis, bisa-bisa mereka dituduh melakukan transaksi yang bersifat mencemarkan nama baik satu fihak. Postingpun akan terbatasi.

Ah.. hukum Indonesia makin buruk (upps.. apa kalimat ini terdengar seperti pencemaran nama baik?)

--David July


Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

0 comments:

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook