Monday, June 1, 2009

Upload Foto dari HP tanpa Account

Upload foto gambar dari HP ponsel tanpa image hosting photobucketFoto merupakan unsur penting untuk sebuah blog. Seorang blogger biasanya akan memasang satu foto atau dua di setiap postingnya. Ini menambah indah posting itu. Foto juga bisa memperkuat cerita yang dituturkan oleh tulisan dalam blog serta memberi gambaran situasi yang nyata terhadap alur.

Namun bagaimana jika kita melakukan blogging lewat HP? Solusi yang paling sering adalah mendaftar dulu di situs image hosting macam photobucket.com, imageshack.us dan sebagainya untuk nengupload foto. Ini menuntut kita mencipta account. Dengan account tersebut, kita dapat menguggah (mengupload) foto dari HP kita ke internet dan memasangnya ke blog kita menggunakan sedikit kode pemasangan gambar.

Namun kini, bagi yang tidak suka mendaftar account (memasukkan password dll) atau bahkan yang tidak punya account, Anda bisa memakai jalan lain untuk mengupload gambar dengan jauh lebih mudah. Cara satu ini sederhana. Yang anda butuhkan hanya HP yang (tentu saja) telah bisa digunakan untuk melakukan upload gambar.

Mula-mula, namai dulu foto yang ingin Anda upload. Semisal Anda menamai foto binatang yang ada di galeri HP Anda dengan nama kangguru. Foto ini adalah foto yang Anda persiapkan untuk diupload. Biasanya ekstensi dibelakangnya adalah [titik] jpg, sehingga nama lengkap dari file gambar tersebut menjadi kangguru.jpg (bila ada ekstensi lain seperti: gif, png, jpeg, dll, maka ini harus diperhatikan karena berarti nama lengkap foto Anda bukan kangguru.jpg). Selalu ingat -- atau bila perlu catat -- nama lengkap dari foto anda tadi (disini saya memakai contoh kangguru.jpg).

Setelah penamaan selesai, pergilah ke alamat ini http://davidjuly.wen.ru/upload.html. Pilih gambar kangguru yang ingin Anda unggah tadi dan tekan tombol upload. Gambar telah terunggah. Foto Anda telah ada di internet, dan kita tinggal beranjak ke langkah berikutnya, yakni pengambilan alamat gambar Anda (sebagian orang menyebutnya dengan image location).

Untuk mengetahui alamat gambar tersebut sangatlah mudah. Anda tinggal menambahkan saja nama file gambar yang Anda upload dibelakang alamat ini http://davidjuly.wen.ru/files/.
Karena saya tadi mengambil contoh kangguru.jpg, maka alamat gambar tersebut adalah http://davidjuly.wen.ru/files/kangguru.jpg.

Sangat mudah bukan?

Sekian dulu pembahasan kita tentang picture uploading (pengunggahan gambar) tanpa image hosting. Bila ada kesempatan, kita akan bahas cara pemasangan kode gambar ke dalam posting di blog. Semoga bermanfaat!

--David July


Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

3 comments:

RanggaGoBloG said...

nice post... semangat buat moblile blogger

Sapro said...

wah bleh dcb tu sob....
tanks infox sangat bermanfaat...

David (July) Khoirul said...

@RanggaGoBlog: Tetap semangat walau HP terbatas

@Sapro: Terimakasih untuk komentarnya

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook