Friday, July 3, 2009

Kategori Blogger

   Saya mengkategorikan blogger menjadi tiga. Pertama adalah blogger yang ngeblog karena ia ingin menulis dan karena ia betul-betul mau berbagi. Kedua adalah blogger yg suka silaturrahmi. Ketiga adalah blogger yang berfokus pada pengoptimalan halamannya di mata Google.

   Blogger pertama, yakni blogger yang ngeblog karena memang ingin menulis, adalah yang paling bagus di antara tiga pengkategorian yang saya buat. Blogger ini umumnya hanya ingin bercurhat atau berbagi. Ia tidak memperdulikan berapa banyak orang yang mengunjungi dan berkomentar di blognya. Misinya hanya menulis. Bisa dibilang ia adalah kategori blogger yang paling ikhlas. Contoh blogger pada kategori ini adalah Arul Chandrana, Andreas Harsono dan Nisa Khoirul. Ketiganya tidak ambil pusing soal bagaimana blog mereka di mata google atau berapa sering blog mereka di komentari orang. Lihat saja blognya. Artikel mereka tulus mereka tulis dan kebanyakan berisi tentang uneg-uneg, diary, dan curhatan serta aktifitas mereka.

   Kategori kedua adalah blogger yang suka silaturrahmi. Blogger tipe ini biasanya memiliki banyak sekali komentar pada setiap posting di halamannya -- mencapai 50 hingga ratusan komentar. Mereka menjalin persahabatan antar blogger. Mereka juga tidak lupa melakukan aktifitas wajibnya: blogwalking, aktifitas kunjung-mengunjungi dan berkomentar. Isnuansa Maharani adalah pada kategori ini. Ia blogwalking setiap hari di puluhan blog. Selain Isnuansa, masih ada nama blogger lain yang suka loncat sana-sini untuk meninggalkan komentar seperti Cak Cholik dan Dinda Watson.

   Dan kategori yang terakhir adalah blogger yang mengoptimalkan halamannya agar baik di mata google. Blogger ini kurang memperdulikan konten. Ia lebih cenderung memusatkan kepada teknik/metode Pengoptimalan Mesin Pencari atau disebut SEO (Search Engine Optimization). Tak heran jika tulisannya sering tidak nyambung. Tujuan utama mereka adalah mengoptimalkan kata kunci yang sedang ditargetkan meski itu terkadang memaksakan. Blogger ini tak peduli pengunjung. Namun belakangan, dapat kita jumpai blogger SEO yang juga gemar blogwalking seperti si pakar mobile blogging Bi2t dan Ateonsoft.

   Bagaimana dengan saya sendiri? Saya berada di antara ketiga kategori di atas. Terkadang saya suka blogwalking, dan disisi lain saya ingin menyajikan konten yang bagus, namun saya sesekali juga suka dengan SEO (meski hanya iseng-iseng). Yang manakah kategori anda?

--David July


Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

5 comments:

sekartaji said...

gw nggak perduli apa itu SEO, pagerank, de-el-el... gw msk kategori pertama deh :P

David July said...

Setuju!
Saya paling suka blogger pada kategori pertama.
Mereka menjadikan pembaca menikmati tulisannya.
Tetap semangat untuk ngeblog!

beat2ws said...

Waduh. Aku juga termasuk kategori ketiganya kali mas....

rio seto said...

Menurut mas David, blog saya masuk kategori mana, hayoh? Meskipun belum seluruh artikel keluar, bisa tebak?

GoMe Computer said...

Saya termasuk kategori blogger semuanya

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook