Monday, August 31, 2009

Belajar Bahasa Inggris: Selalu tambahkan Payudara, kecuali bila menggunakan kata kerja

Belajar Bahasa Inggris English Language mudah gampangBelajar bahasa Inggris sekarang lebih mudah. Halaman mobile blogging ini akan secara rutin menulis rangkaian cara belajar Bahasa Inggris secara sederhana dan mudah. Tentunya dengan gaya belajar ala David! Guru atau pelajar Bahasa Inggris boleh menerapkan metode yang ada disini namun mohon berusaha agar tidak kaget dg pendekatan yg digunakan karena bisa jadi ini sangat berbeda dg gaya belajar bahasa Inggris yang telah ada.

Pembahasan kali ini tentang kalimat betina dan kalimat jantan.

Sebagian besar kesulitan pelajar bahasa Inggris adalah bagaimana menyusun kalimat yang benar. Mereka seringkali bingung, "apakah kalimat ini ditambahi IS yah? Atau tanpa IS? Apa You are happy atau you happy ya? Apakah ada tambahan am atau tidak setelah I di kalimat ini ya?"

Dalam bahasa Inggris (ala David) ada yg disebut dengan kalimat betina dan kalimat jantan. Kalimat betina memiliki payudara. Sedangkan kalimat jantan adalah polos, tanpa payudara dan cenderung lebih kuat.

Payudara dan Pasangannya

Sebelumnya, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu macam-macam payudara dalam Bahasa Inggris. Tiap jenis payudara memiliki pasangan. Nah, pasangan ini harus selalu sesui dengan payudaranya karena bila tidak maka kalimat yang dibuat akan menjadi salah. Berikut tiga buah jenis payudara:
1. am
2. are
3. is

Dan berikut 7 macam kata yg berpasangan dg payudara. Hafalkan artinya dan pasangannya:

  • I (aku) am
  • You (kamu) are
  • They (mereka) are
  • We (kita) are
  • He (Dia utk laki2) is
  • She (Dia utk pr) is
  • It (Ini) is

Kalimat Betina

Apa yang dimaksud kalimat betina? Pada dasarnya, semua kalimat adalah betina. Semuanya mempunyai payudara (am are is) dan memang harus ditambahi payudara.
Contoh:
Aku David
I am David (benar)
I David (salah)
Dia cantik
She is beautiful (benar)
She beautiful (salah)

Intinya, semua kalimat itu harus ditambahi dengan payudara: am, are, is.

Bila kalimat itu tidak ada payudaranya maka kalimat itu salah. Saya katakan lagi: bila kalimat itu tidak ada payudaranya maka kalimat itu salah.
Mudah bukan? Tinggal tambahkan saja payudara (am, are, is) yang sesuai dg pasangannya.
Dia lapar = He is hungry.
Is (payudara) ditambahkan dalam kalimat ini sesuai dengan pasangannya, HE (dia).

Kalimat Jantan

Nah, bila kita telah tahu bahwa setiap kalimat harus ditambah dengan am, are dan is, maka ada satu pengecualian: Semua kalimat harus ada payudara (am, are, is) kecuali jika kalimat itu menggunakan kata kerja. Kata kerja adalah kata yg biasanya memiliki nuansa gerak atau tenaga. Contoh: memakan, minum, berjalan bekerja. HARAM hukumnya memberi payudara dalam kalimat yg menggunakan kata kerja:
Saya makan
I eat (benar)
I am eat (salah)
Mereka minum
They drink (benar)
They are drink (salah).

Inilah yang disebut dg kalimat jantan, kalimat yg memakai kata kerja. Ingat: semua kalimat ditambahkan payudara kecuali bila kalimat itu menggunakan kata kerja.

Catatan: Dalam dunia tata bahasa, payudara biasanya disebut TO BE atau auxiliary. Pasangannya disebut SUBJECT. Subject dan To Be harus sesuai.

TIP: Selalu tambahkan To Be dalam semua kalimat, kecuali satu, yakni: jika kau menggunakan kata kerja. To Be haram dipakai dg kata kerja.

LATIHAN - Tentukan mana yang kalimat betina dan kalimat jantan

1. Aku duduk
2. Dia pintar
3. Andy berjalan
4. Mereka tertawa
5. Kamu tampan


Semoga Bermanfaat!


Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

5 comments:

isnuansa said...

Hehehe, udah lupa bahasa inggris karena jarang make.

Saya bisanya pasif. kalo baca bahasa inggris, mau setumpuk juga cepet, tapi kalo nulis sendiri, nggak mampu ;)

reni said...

Wah.., baru tahu aku cara belajar bahasa Inggris spt ini...
Kalau aku ajarkan pada anakku.., dia bingung gak ya..??

David July said...

Wahaha.. Yg pasti anak kamu pasti bingung jika diajarin kayak gini dan ini akan mengganggu kejiwaannya krn ini khusus dewasa. Anak2 dilarang. :-D :-D

arief said...

saya kira cara belajar seperti itu salah. kalimat ::
:::"Intinya, semua kalimat itu harus ditambahi dengan payudara: am, are, is.":::
adalah terbalik dan salah, karena (is,am,are) hanyalah sebagian kecil dari kata kerja bantu,
coba bandingkan dengan konsep pakem dengan gaya bahasa sederhana yang saya miripkan dengan gaya mas david :
:::" semua kalimat harus ada kata kerjanya dan kalau tidak ada kata kerjanya maka harus dibantu dengan kata kerja bantu, pokoknya harus ada kata kerjanya apakah itu katakeja beneran atau kata kerja bantu":::
kata kerja bantu bisa juga berupa "to be" "modal" ....
is, am, are, was, were, be, been, do, does, did, can, will, must, shall, ....dll
bagaimana mas david memperkecil payudara / auxiliary hanya sbg is,am,are saja.


trus kalimat ::To Be haram dipakai dg kata kerja::
struktur kalimat pasif mengharuskan to be bersanding dengan kata kerja...
contoh :
they are drunk by villager.


best regard to mas david.

Sabjan Badio said...

Haha. Ternyata, belajar bahasa Inggris menggunakan payudara lebih mengasikkan.

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook