Friday, August 14, 2009

Karnaval Blimbing

Gowah Blimbing Paciran Lamongan Blimbing   Blimbing -- sebuah desa di kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan, Jawa Timur, yang sebagian besar masyarakatnya nelayan -- mengadakan karnaval kemarin sore. Ini untuk memperingati kemerdekaan RI ke-64. Partisipan acara karnaval berasal dari masinng-masing RT dan beberapa desa bagian dari Blimbing termasuk Gowah, Grenjeng dan Kebon.

   Acara sangat meriah. Panyelenggara memang tidak menentukan tema yang dibawa oleh peserta, namun beberapa kelompok tampil sangat unik, mengusung topik yang berbeda-beda. Ada yang sampai rela berlumuran lumpur. Sekelompok pemuda dari desa Gowah, misalnya, berdandan ala hantu kelaparan. Mereka membawa sate dalam gerobak. Sate dimakan, sementara yang lain yang masih mentah dibakar di atas gerobak sambil berjalan.

   Salah satu kelompok karnaval yang paling unik adalah dari desa Kebon. Mereka berpakaian nelayan. Para ibu-ibu membawa wadah plastik yang biasa digunakan di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) untuk mensortir ikan. Bapak-bapaknya membawa keranjang. Mereka menggambarkan suasana nelayan desa Blimbing ketika bertransaksi dan berjual beli di TPI.

   Karnaval berakhir pukul 5 sore. Jalanan diblokir. Ini sempat menimbulkan kemacetan hingga ke desa Brondong. Ia kembali lancar setelah seluruh rangkain karnaval selesai.

   Selamat berpesta, Rakyat Indonesia, untuk kemerdekaan yang kita capai!


Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

3 comments:

Anonymous said...

it's nice...sayang kemarin gak sempat pulang kampung jadi gak bisa liat tradisi desa Blimbing yg selalu mengadakan karnaval yg meriah...
anyway..thanks infonya David.. :)

Three

David said...

Terimakasih Three untuk komentarnya. Senang sekali ada orang Blimbing yang berkunjung dan berkomentar di blogku.

Anonymous said...

Sekedar Masukan, semenjak 1991 Blimbing bukan lagi Desa, tp sudah Kelurahan Broor..............

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook