Tuesday, August 18, 2009

Satu Tahun Kuliah Kerja Nyata

Hari ini menandai satu tahun KKN (Kuliah Kerja Nyata) di desa Karang, Tuban, Jawa Timur. Tiga belas anggota dari berbagai program pendidikan di Universitas Ronggolawe bergabung dalam satu tim. Mereka diantaranya adalah Edi Supriyanto, Ari Bachtiar, Indah Metayani, Anggaratni, Ifa Rachmatin, Muhlisatun M, Moh. Sholihin, Siti Nurhayati, Dwi Chita Febrianti, Dian Rahmawati, Ainul Muttaqin, Khoirun Nisa dan saya sendiri. Kami tinggal di rumah milik mbak Gamma, rumah kayu besar dengan arsitektur kuno. Kami disana dua minggu.

Karang adalah desa kecil. Ia terletak di tengah-tengah kota Tuban berdekatan dengan rumah sakit umum Medika Mulya. Ada satu SD saja disana. Selama KKN, kami bergiliran mengajar di SD tersebut. Nisa, anggota kami, bahkan tidak hanya mengajar tapi juga ikut melatih anak-anak pramuka dan gerak jalan. Kebetulan saat itu bertepatan dengan bulan Agustus. Kerja makin banyak. Kami membantu mengadakan berbagai kegiatan desa seperti jantung sehat, lomba balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, lomba joget anak-anak sampai pentas musik dangdut.

Karang juga merupakan pusat kerajinan batik, periuk dan tenun. Nenek Mbak Gamma, satu rumah dengan kami, adalah salah satu pengrajin batik terbaik di Karang. Sebelum pulang, ia sempat menghadiahi selembar kain tenun pada kami.

Satu hal yang membuat kami betah di rumah tersebut adalah bermain dengan Jamie dan Fian. Jamie anak Mbak Gamma. Fian keponakannya. Jamie yang baru 4 tahun dan Fian (12) tidak pernah akur. Fian memiliki keterbelakangan mental dan sedikit kesulitan bicara, tapi bagiku justru dari situlah aku menyayanginya. Setiap sore aku bermain dengan Fian. Mulai dari perang-perangan, kejar-kejaran sampai ngaji dan belajar membaca bareng.

Pada hari perpisahan, semua anak KKN menangis. Kami berpamitan kepada murid-murid dan guru SD serta kepala sekolahnya. Anak-anak SD juga ikut menangis. Nampaknya mereka berat melepaskan kami, merelakan untuk kehilangan masa-masa ceria dengan kami selama tinggal dan mengajar di Karang.

What a beautiful time!

David July | Mobile Blogging


Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

2 comments:

marsudiyanto said...

KKN kok lama amat Mas David...

David July said...

Masrusdianto, KKN cuma 2 minggu. Ini justru singkat. Bulan ini adalah ultah pertama KKN

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook