Sunday, September 13, 2009

Membaca File PDF dari HP

membaca membuka file berkas PDF HP ponsel   Dulu, saya sering kesulitan bila menjumpai berkas PDF di internet. Maksud hati ingin membaca, tapi piranti tidak mendukung. Maklum saya hanya mengandalkan nokia 6020 yang jadul itu untuk melakukan banyak hal di internet, mulai dari browsing, ngeblog hingga ngFacebook. Padahal artikel di berkas PDF tersebut sangat menarik.

   Namun belakangan, saya mengetahui bahwa ada cara unik yang memungkinkan kita membaca berkas macam PDF dari ponsel. Pertama, kita membutuhkan sebuah perambah internet utk ponsel.  Yang paling populer dan bagus sejauh ini adalah perambah Opera Mini, sebuah versi kecil dari browser Opera yg sering kita temui di komputer.

   Langkah berikutnya adalah mengambil alamat halaman berkas PDF yang ingin kita baca. Umumnya, ini akan berakhiran .pdf (dot PDF). Semisal http://www.alamatsitus.com/berkas.pdf. Pengambilan alamat ini bisa dilakukan dg mencatat atau menandai dan menyalin alamat tersebut. Klik # (pagar) dan 7 (tujuh) pada Opera Mini utk menandai.

   Setelah alamat diambil, kita buka halaman berkas tersebut menggunakan sedikit bantuan google. Ketik http://google.com/gwt/n?u=http://alamatberkaspdf. Artikel PDF pun terbuka dan bisa dibaca. Cara seperti ini juga bisa digunakan utk membaca artikel pada halaman DOC (Microsoft Word)


Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

3 comments:

Mr.o2n said...

Terimakash ni infonya kebetulan juga aku memposting tentang operamini juga.



Melamar jadi publsher google adsense dengan operamini

Mr.o2n° said...

Berkungjung oy,mas cara pasan widget feebunner gmana ya?

David July said...

Mr Oon, utk memasang widget tsb, kita harus memdaftar akun di feedburner.com

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook