Sunday, October 18, 2009

Ikut Lomba SEO? Bersiaplah Dipenjara

review blog FTC   Pernahkah kau dibayar untuk menulis sesuatu di blogmu? Atau paling tidak kau diiming-imingi hadiah menarik jika kau dapat menulis artikel yang bagus dan mengalahkan blog lain yang berlomba denganmu? Kau menulis karena dipesan oleh sebuah perusahaan ponsel atau semacamnya. Itulah yg kita sebut dg review. Blog yang menulis review adalah blog yang mendapat pesanan utk membuat artikel ulasan, atau blog yang sengaja mengikutkan dirinya dalam lomba review.

   Perusahaan dan orang tertentu memanfaatkan hal ini. Hanya dengan bermodalkan tawaran yang berdalih lomba SEO atau review, mereka secara tidak langsung telah diuntungkan. Mereka mendapat promosi gratis. Banner dan tautan mereka tersebar begitu cepat di ranah blog, terutama di situs-situs peserta lomba. Karena itu, banyak pihak di tahun 2009 ini gencar mengadakan lomba SEO.

   Lomba SEO (atau saya lebih suka menyebutnya lomba Google) adalah ajang persaingan posisi di mesin pencari, terutama google. Ini berdasarkan sebuah kata kunci. SEO sendiri kependekan dari Search Engine Optimization atau Optimalisasi Mesin Pencari.

   Di Amerika, kau dilarang menulis artikel pesanan. Pada 5 Oktober lalu, Komisi Perdagangan Federal (FTC) mengeluarkan aturan baru tentang endorsement dan testimonial. Setiap tulisan yg sifatnya review--termasuk juga tulisan utk lomba SEO--hendaknya disertai disclaimer yg menjelaskan bahwa ini adalah tulisan yang dipesan. Kau akan didenda US$ 11 ribu bila melanggarnya.

   Namun jangan khawatir. Peraturan ini baru diberlakukan di Amerika dan wilayah yang berada di bawah FTC. Bisa kau bayangkan jika disini juga begitu? Blogger-blogger akan bersiap untuk didenda $11 ribu karena membuat tulisan pesanan di dalam blognya.

   Peraturan seperti ini sebenarnya sangat penting. Lihat saja, semua tulisan pesanan tentu hanya menceritakan keunggulan produk yang direview. Ini menyebabkan tidak seimbangnya informasi dan membuat pembaca melihat sisi unggul saja dari produk tersebut. Apakah kau punya pendapat?


Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

2 comments:

joys said...

hayo lo,, untung warga indo,, haha $11 ribu. mending dipenjara wkakak ,, bro ku puyeng,,, hihi

bangdel said...

Tentu saya punya pendapat kawan. Sampai saat ini saya belum pernah ikutan lomba SEO ataupun membuat posting review. Walaupun di salah satu menu horisontal saya pasang situs review tertentu. Jelas memang blogger yang ikutan lomba kebanyakan tidak mengerti akan hal ini. Saya juga sudah pernah baca beritanya dari dulu di Official Google Blog. Mantaplah.. Namun, ada saatnya saya akan ikutan lomba SEO dan review, buat nambah uang saku (jika mampu menang) he..he..

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook