Thursday, January 14, 2010

Google Adsense: Program DTP dari Google, Bagaimana Mendaftar

Google Adsense bagaimanaKau suka kais recehan? Ingin mengkoleksinya dengan lebih banyak lagi di media daring?

Sementara di dunia nyata kau mungkin menyukai mengumpulkan receh, sekarang bagaimana jika kau memungutinya di dunia maya, dunia yang bagi sebagian orang samar ini? Banyak program online menawarkan pengumpulan uang di internet, dan salah satunya program Dibayar Tiap Pencet (DTP).

Dengan menggunakan program DTP, kau akan dibayar setiap kali orang memencet iklan yang kau pasang di situsmu, di blogmu, atau di portalmu. Semakin banyak pencet, semakin banyak uang. Program Dibayar Tiap Pencet ini punyai bentuk dan jenis yang banyak -- mulai dari DTP versi Amerika, versi global, sampai lokal.

Google adsense adalah salah satu program Dibayar Tiap Pencet yang paling popular dan terpercaya. Ia program dari Google. Untuk menggunakan layanan ini, kau terlebih dahulu harus mempunyai sebuah situs atau blog dalam bahasa inggris yang dikelola dengan rutin. Dengan kata lain, kau harus mengurus situsmu setiap hari.

Kenapa Bahasa Inggris? Yah, alasannya adalah karena Google Adsense, yang bermarkas di Amerika ini, belum mendukung situs/blog berbahasa Indonesia. Ia langsung menolak jika kau mendaftarkan situs Bahasa Indonesiamu.

Setelah kau mendaftar, kau akan diberi deretan HTMl, sebuah kode bahasa persitusan. Kau pasang kode ini di situsmu. Kode itu akan berubah menjadi iklan yang disesuaikan dengan tema tulisan di situsmu. Semisal kau menulis mengenai Anjing, maka iklan yang tampil adalah sesuatu yang berkenaan dengan anjing seperti, toko anjing, pelayanan kesehatan anjing, penanganan anjing gila dsb.

Ketika orang mengklik anjing-anjing tersebut, maka kau mendapatkan dollar. Karena itu penempatan iklan ini bisa kau spesifikasi. Artinya kau dapat menempatkan kode tersebut di posisi warapping, seperti yang pernah aku tulis pada posting How To Wrap Google Adsense in Blogger Blog Posts. Ini akan memberi banyak kesempatan bagi pengunjung untuk memencet iklanmu. Cara lain adalah bergabung dengan program peningkatan Google Adsense, melalui situs pembagian untung, macam hubpages atau squidoo.

Jika recehanmu terkumpul cukup banyak, kau dapat mencairkannya ke rekeningmu atau mengambilnya lewat paypal, akun bank, kartu kredit, atau western union.

Namun masalahnya adalah kau tidak dapat mendaftar ke google adsense dengan mudah. Pendaftarannya ketat. Berbeda dengan jaman dulu, google adsense sekarang agak rewel dan memberimu alasan macam-macam untuk penolakannya. Selain tipe dan Bahasa situs yang harus mendukung, ia seringkali mempertimbangkan pemeliharaann situs, keterurusan situs. Situs yang tidak terpelihara akan agak susah untuk diterima oleh Adsense. Nah, berikut ada sedikit trik untukmu mendaftar.

Ciptakan blogmu di blogspot

Karena blogspot adalah anak dari Google dan merupakan saudara dari Google Adsense, maka sedikit praktek nepotisme disini akan membuatmu lolos dari pendaftaran. Itu menurut penngalamanku.

Tulis sedikitnya 5 artikle Bahasa Inggris

Isi blogmu dengan tulisan-tulisan unik dalam bahasa Inggris, bukan tulisan salin-tempel (copy-paste), dan paling tidak, kau harus menulis sedikitnya lima, sepuluh, atau bahkan 20 artikel. Ini bagian dari pertimbangan Google.

Beri sedikit tautan ke blogmu

Blog yang mempunyai tautan dari situs lain dianggap oleh google sebagai blog yang bereputasi. Ciptakan reputasi itu.

Terus perbaharui hingga seminggu

Untuk penyempurnaan, diamkan dulu blogmu seminggu. Jangan langsung kau daftarkan, dan sambil menunggu seminggu itu, cobalah kau untuk terus menulis dan mengumpulkan tautan ke blog tersebut.

Daftarkan dan mulai kumpulkan receh

Setelah seminggu, silahkan kau mendaftarkan blogmu, memasang kodenya dan mulai mengais recehanmu di internet. Jangan lupa untuk terus menulis dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat, Kawan. Selamat hari Kamis!
Search using google below
(Cari dengan Google--Ketik kata kunci dalam kotak)


Related Posts:

15 comments:

Meliana Aryuni said...

Oh, ternyata begitu ya....Klo blog berbahasa Indonesia ga bisa ya :(

David July said...

Hanya blog dalam Bahasa Inggris yg bisa didaftarkan

si Rusa Bawean said...

blogku udah diterima oleh Google Ads
horeeeee!!!

David July said...

Selamat Rusa Bawean! Temanku daftar lima kali dan tidak diterima. Sampai sekarang. Kasian dia

abasrin said...

kl iklannya iklan layanan masyarakat meluluh bagaimana Bung? saya dengar2 blog-blog orang indonesia iklannya banyak yg berupa iklan layanan masyarakat, kabarnya itu tak ada recehnya.

mohon pencerahan.

David July said...

@Mas Abasrin: Google Adsense tak mendukung Bahasa Indonesia. Itulah kenapa iklan layanan masyarakat sering tampil pada blog-blog orang Indonesia -- yang menggunakan bahasa Indonesia.

Coba perhatikan posting di atas. Ia terselipi iklan layanan masyarakat, bukan Google Adsense, karena ia aku tulis dalam Bahasa Indonesia. Lalu bandingkan dg postingku dalam Bahasa Inggris. Di artikel-artikel yang aku tulis dalam Bahasa Inggris, iklan layanan masyarakat tidak akan tampil.

Kesimpulannya adalah:
Yang mempengaruhi iklan adalah bahasa blog, bukan letak geografis. Iklan dapat tampil di blog milik orang Indonesia asalkan orang Indonesia tersebut menulis dalam Bahasa Inggris.

tukangpoto said...

Terima kasih infonya mas, udah coba tapi ditolak terus..hehe.

ankerzone said...

terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

Harry said...

Tips yang bagus. Klik disini untk mengunjungi blogku

Bhirawa said...

Semoga hari ini lebih baik dari kemarin.
Jika hari ini sama dengan kemarin berarti rugi
Jika hari ini lebih jelek dari kemarin berarti celaka.
Oleh karena itu kita harus selalu meng-upgrade diri agar menjadi manusia yang beruntung.
Apa kabar mas, sehat2 kan.
Salam hangat dari Surabaya

Anoraga said...

Saya sudah mendaftar tapi ditolak terus mas.
Padahal minta apa saja sudah saya kasih lho ha ha ha ha

David July said...

Pak Dhe Kholik, mungkin butuh sedikit rayuan kali, Pak. Atau coba disogok? Hahaha

casrudi said...

Sampai sekarang saya selalu gagal membuat akun GA... Bisa minta tolong dibantu engga Mas?... Mohon hubungi email saya seandainya bersedia, bertarif juga nanti kita bisa nego..

Salam

Novita said...

Tidak gampang membuat akun GA. Selamat buat adsenser yang udah sukses...

David July said...

@Casrudi: Saya sarankan Anda menerapkan langkah yang saya tulis di atas. Coba tulis blog Anda dalam Bahasa Inggris. Update dengan rutin. Isi dengan artikel yang asli, bukan salin tempel. Kemudian ketika artikel sudah terkumpul banyak dalam blog, Anda siap mendaftarkannya ke Google Adsense.

@Novita: Terimakasih untuk kunjungannya. Salam sukses untuk Anda dan batik Anda

Post a Comment [ Pop-up Comment Window ]

All comments are welcome as long as they are in English, Bahasa Indonesia and Javanese. (Utk pengguna ponsel, silahkan klik Pop-Up Comment Window diatas bila kesulitan dg kotak komentar dibawah)

Jika masih kesulitan, maka pilih Name/URL. Lalu masukkan Nama dan alamat situs Anda

Catatan: Pengkopian sebagian atau keseluruhan dari artikel ini diperbolehkan dan tanpa perlu ada ijin. Namun Anda harus mencantumkan, "sumber tulisan diambil dari http://davidjuly.blogspot.com"

Follow this blog via Facebook